Batam Terkini :

Sepuluh Tahun, Dua Perubahan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menjawab pertanyaan wartawan dalam acara silaturahmi bersama wartawan, di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (13/2/2012). Dalam silahturahmi selama satu setengah jam tersebut, presiden menjawab belasan pertanyaan terkait permasalahan yang terjadi di Indonesia belakangan ini, seperti kasus GKI Yasmin di Bogor, rencana pembelian pesawat kepresidenan, penuntasan kasus Bank Century hingga penanganan korupsi 
NASIONAL~Hanya dua tahun berkuasa (1999- 2001), Presiden Abdurrahman Wahid melakukan 10 perubahan. Sebaliknya, hampir 10 tahun memimpin (2004-2014), Presiden SBY baru menggulirkan dua perubahan.
Abdurrahman Wahid—akrab dipanggil Gus Dur—tak menjanjikan perubahan, tetapi tergelincir perubahan-perubahan besar yang ia gerakkan. Sebaliknya, SBY menjanjikan perubahan, tetapi lebih banyak menghindari konflik sehingga perubahan butuh waktu lebih lama.
Setiap pemimpin punya janji dan cara berbeda untuk memenuhi janjinya dan punya cara yang khas. Namun, pemimpin yang hebat tidak sekadar melakukan perubahan, tetapi juga mengelolanya dengan manajemen perubahan.
Apa yang saya maksudkan adalah perubahan mendasar, yang mengubah cara dan kebiasaan.
Gus Dur membubarkan dua kementerian (Departemen Penerangan dan Departemen Sosial), menghapus larangan menjalankan tradisi budaya Tiongkok, dan mengganti nama Irian dengan Papua. Ia membangun Kementerian HAM, reformasi TNI, menggilir jabatan panglima TNI, dan menjadikan Imlek sebagai hari libur resmi. Ia juga mengusulkan hubungan diplomatik dengan Israel dan menghapus Tap MPRS No XXIX/MPRS/1966 yang melarang segala bentuk ajaran Marxisme-Leninisme.
Seperti layaknya sebuah perubahan, era itu ditandai dengan lebih dari 1.000 kegaduhan, perlawanan, bahkan pemberontakan dan kematian. Ada panglima yang mati mendadak, ada keributan besar di Maluku, pengunduran diri dan pemecatan menteri secara mendadak, harga- harga berguncang, dan seterusnya. Namun, seperti kata ilmuwan Kurt Lewin, perubahan besar memerlukan tahap pencairan karena ”orang-orang yang berpikiran lama” ingin mempertahankan kekuasaan, wewenang, dan rasa nyamannya.
Pada tahap ini terjadi pembusukan, pelepasan ikatan-ikatan, tetapi yang dilepaskan tak membiarkan hal itu terjadi sehingga muncul ledakan-ledakan. Namun, terlepas dari segala ketakteraturannya, Gus Dur adalah sosok perubahan yang berani. Tanpa keberanian itu sulit dibangun sesuatu yang baru.
Adapun perubahan besar di era SBY terjadi pada lima tahun pertama kabinetnya: perdamaian Aceh (2005) dan konversi minyak tanah ke LPG (2009). Tak ada yang menyangkal kedua perubahan itu berdampak sangat besar dan tak lepas dari peran pendamping presiden, Jusuf Kalla, yang gigih memanajemeni dan memimpin perubahan secara konsisten.
Setelah itu sebenarnya ada banyak ide perubahan yang digulirkan, tetapi tak sedikit yang kandas di tengah jalan. Pengurangan subsidi BBM, misalnya, hampir selalu kandas di tengah jalan. Berbagai frustrasi dirasakan publik seputar impor pangan yang berlebihan, hilangnya produk- produk pangan berulang-ulang, ancaman korupsi, konflik horizontal, dan pembiaran terhadap ancaman kebebasan beragama. Namun, SBY juga dapat pujian dan pengakuan internasional.
Mengalah dan kompromi
Sebenarnya Presiden SBY masih bisa menambah daftar perubahan penting di sisa satu tahun kabinetnya, yaitu mempercepat proses reformasi birokrasi, menggencarkan pemberantasan korupsi, memperbaiki industri pertanian, dan penerapan kurikulum pendidikan yang lebih berkualitas. Keempat bidang itu menyangkut kepentingan bangsa yang luas dan terkait dengan bidang-bidang lainnya.
Tak dapat dipungkiri perubahan selalu menimbulkan kegaduhan dan kritik. Manusia ingin berubah, tetapi tidak mau diubah. Ada yang bisa ”melihat”, ada yang ”tak mau” melihatnya. Ada yang mengkritik untuk memperbaiki, tapi banyak yang langsung menolak dan menyatakan tak bernalar, pasti gagal, dan seterusnya.
Kritik tak saja menimbulkan disharmoni, konflik, dan emosi, tapi juga ide-ide baru. Ada yang menyatakan ”ini sulit tapi bisa”, ada yang menyatakan presiden lelet, tetapi begitu direspons cepat dikatakan ”tergesa-gesa”. Saat berada dalam pusaran perubahan, manusia lebih merasa heroik jadi penentang ketimbang kawan. Berkata ”no” kepada penguasa jauh lebih terhormat daripada berkata ”yes”. Apalagi bila pemerintah kehilangan kredibilitas karena perbuatan negatif kelompok internalnya.
Menjadi pertanyaan, mengapa lima tahun pertama kabinet SBY berhasil melakukan perubahan- perubahan besar? Bahkan, 56 juta rumah tangga bisa diubah kebiasaan memasaknya hanya dalam tiga tahun? Jawabnya adalah karena ada kepemimpinan Jusuf Kalla yang meneguhkan, membuat pemerintahan jadi kuat.
Dalam buku Memimpin di Era Perubahan, H Pandjaitan mengutip SBY yang banyak mengalah, berkompromi, dan lebih memilih konsensus: ”Saya tidak ingin makin menjadi-jadi konflik dan benturan politik itu yang akhirnya membawa negara kita persis seperti 10, 11, 12, 13 tahun yang lalu...” Catatan saya, ketika kelompok penentang perubahan membaca kalimat ini, mereka pun berkata, ”Kita tekan terus sampai ia berkompromi dan perubahan gagal dijalankan.”
Bila itu terjadi, kita hanya menjadi bangsa yang complancent dan tidak maju. Sebab, perubahan memang belum tentu menjadikan sesuatu lebih baik. Akan tetapi, tanpa perubahan, tak akan ada pembaruan, tak akan ada kemajuan

Pemko Batam Diminta Tindak Tegas Perusahaan Shipyard Pengguna Pasir Silica

BATAM HARI INI~Menteri Negara Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dengan tegas melarang penggunaan pasir silica di sejumlah industri perkapalan di Batam. Ia meminta Pemko Batam untuk gencar melakukan patroli ke perusahaan shipyard di Batam.
“Penggunaan pasir itu sudah lama dilarang. Dan saya mendengar ternyata masih banyak yang menggunakannya termasuk di Batam. Makanya saya minta perusahaan pengguna pasir tersebut untuk ditindak tegas,” kata Balthasar di Swissbel hotel Batuampar, siang tadi (19/6).
Mantan rektor Universitas Cendrawasih tersebut mengatakan penggunaan pasir silica sangat beresiko kepada warga sekitar perusahaan dan juga kepada buruh perusahaan. Biasanya penyalahgunaan pasir silica ini akan merusak pernafasan warga.
“Saya meminta agar pemerintah Kota Batam tegas menindak perusahaan yang tidak mau ikut aturan,” katanya. (BatamPos/ian)

5 Anggota Komisioner KPU Batam Terpilih

BATAM HARI INI~Komisi Pemilihan Umum Propinsi Kepri akhirnya menentukan lima anggota KPU Batam periode 2013-2018 setelah melakukan pleno siang tadi.
Ketua KPU Kepri, Arizon mengungkapkan, lima besar anggota KPU Batam yang akan dilantik tanggal 26 Juni nanti yakni

1. Ngaliman;
2. Ahmad Yani, SE,SH;
3. Muhammad Syahdan, S.Sos;
4. Yudi Kornelis, SH, Mhum;
5. Jernih Miliati Siregar, S.Ag.

Sementara lima lainnya yang masuk 10 besar hasil seleksi adalah Mulkan Siregar SH, Agus Setiawan, ST, Maninghut, Marnia Rani, SH, MH dan Ronni S.Kom.

Proyek Pemecah Ombak di Batam Disidik Polda Kepri

BATAM HARI INI~Polda Kepri tengah mengusut dua kasus besar yakni dugaan korupsi proyek pemecah ombak yang didanai APBN dan pencurian kabel milik Telkomsel bernilai miliaran rupiah.
Kasus tindak pidana korupsi pemecah ombak  saat ini ditangani Subdit III, (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri yang dipimpin AKBP Carles. Dari informasi yang diperoleh dari salah seorang perwira di Polda Kepri, kasus tersebut merupakan proyek pemecah ombak di wilayah Kecamatan Nongsa.
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri, Kombes Ahmad Yudi Suwarso tidak menampik adanya dugaan kasus korupsi yang sedang mereka usut itu.
“Kasusnya masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan sejak tiga pekan yang lalu,” katanya kepada wartawan, siang tadi (19/6).
Namun Yudi masih enggan membeberkan berapa nilai kerugian negara yang timbul dalam proyek APBN tersebut.
“Saat ini masih dalam proses penyidikan penyidik. Maaf , belum dapat disampaikan secara ditail, nanti setelah diketahui berapa nilai kerugiannya akan kita ekspos secara gamblang,” ujar Hartono.
Berdasarkan informasi tersebut, sudah ada beberapa pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka atas pengerjaan pemecah ombak itu.
“Kalau kasus pencurian kabel milik Telkomsel belum selesai diusut,” tuturnya.
Informasi di lapangan kasus ini setidaknya sudah ada sebanyak tujuh tersangka yang telah diamankan pihak kepolisian. Para tersangka ini diamankan anggota Ditreskrimum di wilayah hukum Polres Tanjungpinang sesaat setelah berhasil menyeberang menggunakan kapal Roro dari pelabuhan Telaga Punggur Batam ke Tanjung Uban.
Saat ini barang bukti kabel dan keempat truk yang mengangkut puluhan ton Kabel Telkomsel dititipkan Polda Kepri dan di Polres Tanjung Pinang. Dari ketujuh tersangka yang telah diamankan oleh Ditreskrimum Polda Kepri saat ini masih berada di Mapolda Kepri, menjalani sejumlah pemeriksaan.
“Iya sudah ada yang kita amankan. Tapi karena saat ini kasusnya masih didalami penyidik. Nanti juga akan kita ekspos setelah penyidik selesai proses,” elak Hartono.
BATAM HARI INI~Polda Kepri tengah mengusut dua kasus besar yakni dugaan korupsi proyek pemecah ombak yang didanai APBN dan pencurian kabel milik Telkomsel bernilai miliaran rupiah.
Kasus tindak pidana korupsi pemecah ombak  saat ini ditangani Subdit III, (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri yang dipimpin AKBP Carles. Dari informasi yang diperoleh dari salah seorang perwira di Polda Kepri, kasus tersebut merupakan proyek pemecah ombak di wilayah Kecamatan Nongsa.
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri, Kombes Ahmad Yudi Suwarso tidak menampik adanya dugaan kasus korupsi yang sedang mereka usut itu.
“Kasusnya masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan sejak tiga pekan yang lalu,” katanya kepada wartawan, siang tadi (19/6).
Namun Yudi masih enggan membeberkan berapa nilai kerugian negara yang timbul dalam proyek APBN tersebut.
“Saat ini masih dalam proses penyidikan penyidik. Maaf , belum dapat disampaikan secara ditail, nanti setelah diketahui berapa nilai kerugiannya akan kita ekspos secara gamblang,” ujar Hartono.
Berdasarkan informasi tersebut, sudah ada beberapa pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka atas pengerjaan pemecah ombak itu.
“Kalau kasus pencurian kabel milik Telkomsel belum selesai diusut,” tuturnya.
Informasi di lapangan kasus ini setidaknya sudah ada sebanyak tujuh tersangka yang telah diamankan pihak kepolisian. Para tersangka ini diamankan anggota Ditreskrimum di wilayah hukum Polres Tanjungpinang sesaat setelah berhasil menyeberang menggunakan kapal Roro dari pelabuhan Telaga Punggur Batam ke Tanjung Uban.
Saat ini barang bukti kabel dan keempat truk yang mengangkut puluhan ton Kabel Telkomsel dititipkan Polda Kepri dan di Polres Tanjung Pinang. Dari ketujuh tersangka yang telah diamankan oleh Ditreskrimum Polda Kepri saat ini masih berada di Mapolda Kepri, menjalani sejumlah pemeriksaan.
“Iya sudah ada yang kita amankan. Tapi karena saat ini kasusnya masih didalami penyidik. Nanti juga akan kita ekspos setelah penyidik selesai proses,” elak Hartono.

Wakil Walikota Batam Batam Terpaksa Bongkar Sendiri Reklame yang Menempel di Pohon

Rudi, SE
BATAM HARI INI~Wakil Wali Kota Batam Rudi SE melakukan penertiban baliho dan spanduk ilegal di pusat kota, Rabu (19/6). Penertiban kali ini difokuskan pada spanduk atau baliho yang ditempel di pohon-pohon di pinggir jalan. Ini dilakukan untuk menjaga keindahan Kota Batam.
Mengawali penertiban, Rudi terlebih dulu menyusuri jalan di dekat Taman Jodoh Boulevard. Ia membuka beberapa spanduk ilegal yang dipaku ke batang pohon.
“Kalau ini dibiarkan terus maka pohon ini akan mati,” katanya.
Dari Taman Jodoh Boulevard, Rudi berjalan ke arah Nagoya dekat hotel Planet, kemudian ke arah Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK).  Di dekat RSBK berulang kali ia geleng-geleng kepala karena banyaknya spanduk dan baliho yang dipaku ke Batang Pohon.
“Mau beriklan kok di pohon ya!. Sepertinya pengusahanya tidak mau keluar modal,” katanya.
Rudi mengatakan penertiban ini akan dilakukan di seluruh kelurahan dan kecamatan di Kota Batam. Ia sudah menginstruksikan semua camat dan lurah untuk turut terjun langsung ke lapangan menertibkan spanduk dan baliho ilegal.
Dari hasil penertiban itu, ratusan spanduk dari berbagai ukuran dibawa petugas ke Pemko Batam untuk dimusnahkan. Ia berharap penertiban secara rutin akan memberikan efek jera kepada pengusaha yang mau beriklan gratis di pohon.
“Biar saja uangnya habis untuk cetak spanduk. Begitu dipasang di pohon, maka jangan ragu semua orang berhak untuk langsung membukanya, karena itu melanggar,” katanya.
Menurut Rudi perda terkait pemasangan baliho ini sudah ada, tetapi sanksinya tidak tegas. Ia mengatakan tim hukum Pemko Batam sedang melakukan kajian untuk mengeluarkan peraturan yang lebih tegas terkait hal ini.
“Kita sudah punya perda, tapi sanksinya tidak tegas. Makanya harus dibahas pemberlakuan sanksi baru,” katanya.

Liga Futsal Nusantara Tk. Kota Batam 2013

BATAM OLAHRAGA - Sebanyak 10 tim futsal tampil dalam Liga Futsal Nusantara (LFN) tingkat Kota Batam tahun 2013. Even yang diselenggarakan oleh Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Batam yang sekaligus menjabat ketua pengurus cabang PSSI Kota Batam, Rudi di lapangan Futsal, Sport Area Dataran Engku Putri, Minggu (16/6/2013) malam.

Ketua panitia, Sandro Megiyo dalam laporannya menyebutkan, LFN merupakan rangkaian proses liga futsal yang dulunya dikenal dengan Liga Futsal Amatir yang menjadi agenda resmi PSSI dan berjenjang dari tingkat Kabupaten/kota dilanjutkan ke tingkat provinsi, regional hingga pada akhirnya di tingkat nasional.

Dalam LFN yang baru kali pertama digelar di Batam ini diikuti oleh 10 tim peserta diantaranya tim ISKY, Citra Mas Sport Club, Tim Anugerah, FFC Pemko Batam, Blitar Putra, Tinta United dan PGRI dengan menggunakan system setengah kompetisi pada babak penyisihan, dan sistem knock out dari babak perdelapan final hingga final. Kompetisi yang memperebutkan Piala bergilir LFN Kota Batam ini berlangsung mulai tanggal 16 hingga 29 Juni mendatang.

Rudi dalam sambutannya sebelum membuka turnamen ini menyampaikan dengan adanya kompetisi LFN ini, gairah dan pembinaan olahraga futsal dapat berkembang pesat di Kota Batam. Hal ini merupakan wujud dan komitmen dari Pemko Batam dan PSSI Kota Batam dalam ikut mengembangkan olah raga futsal sehingga pada akhirnya dapat melahirkan pemain pemain maupun tim yang kuat dan mampu bersaing di level yang lebih tinggi lagi.

"Kompetisi LFN ini juga sebagai ajang mencari tim terbaik yang nantinya mewakili Kota Batam sebagai duta prestasi dan membawa nama harum kota Batam di bidang olah raga futsal," kata Rudi.

Pembukaan LFN ini ditandai dengan penyerahan piala bergilir LFN Kota Batam yang diserahkan oleh Rudi kepada Ketua Panitia LFN Kota Batam, penampilan PM crew dancer dan dilanjutkan dengan laga pembuka LFN antara Tinta United melawan Blitar Putera.

800 Calon Siswa Serbu SMK Negeri 1 Batam

Salahsatu Sekolah Unggulan di Batam (SMK Negeri I Batam)
BATAM Pendidikan~Animo lulusan SMP sederajat untuk masuk SMK Negeri 1 Batam cukup tinggi. Hal ini terlihat dari membludaknya calon siswa baru mendaftarkan diri untuk masuk sekolah ini.
Sejak Senin (17/6) dibuka hingga hari ini, sudah 800 pendaftar. Jumlah siswa yang sudah daftar online itu cukup membludak dari total siswa yang harus diterima di sekolah berbasis unggulan itu. Jumlah ini akan terus bertambah hingga ribuan karena pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 22 Juni nanti.
Kepala SMKN I Batam Deden Suryana mengatakan, untuk tahun ajaran baru nanti SMKN I Batam hanya menerima 376 siswa untuk 13 lokal yang disediakan. Secara prosedur memang untuk pendaftaran ini, panitia bisa menerima lebih dari jumlah itu untuk diseleksi secara online nantinya.
Proses seleksi nanti mencakup nilai rapor, seleksi fisik mencakupi pendengaran dan pengelihatan, tes wawancara yang mencakup komunikasi dan english speech, seleksi sikap dan perilaku serta seleksi minat dan bakat.

Suhu di Batam Capai 33,6 Celsius

BATAM HARI INI~Satu pekan terakhir suhu bumi di Batam telah menembus angka tertinggi sepanjang tahun 2013 yakni 33,6 derajat celcus (DC). Situasi tersebut telah dirasakan oleh mayoritas warga Batam sangat panas.
Apalagi diperparah kelembapan udara Batam yang mencapai 48 persen. Makin membuat kondisi cuaca lebih kering setelah terjadi terakhir kali pada 2007 silam.
“Prediksi kami cuaca terik dan kering minim hujan seperti sekarang akan terjadi satu bulan ke depan,” ungkap Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philips Mustamu kepada wartawan,  siang tadi (18/6).
Menurut dia situasi kering tersebut tergolong masih normal. Dan tidak fenomena alam sebagai penyebabnya.
“Memang karena wilayah kita berada di tengah laut, tentu panas lebih tinggi jika dibanding daerah pegunungan,” lanjutnya.
Philips juga menuturkan kondisi kabut asap masih akan menyelimuti Batam dan sekitarnya sampai beberapa hari ke depan. Kendati sekarang sudah mulai tipis jika dibanding hari Senin kemarin.
“Pantauan satelit NOAA yang kita punya ada sekitar 39 titik api lagi, jumlahnya udah berkurang dari semua 134 titik api di wilayah Sumatera Daratan,” pungkasnya.
Dia mengimbau agar warga lebih waspada terutama para nelayan dan kapal komersil. Pasalnya wilayah laut sangat rentan dengan kabut asap kiriman tadi. (thr)
BATAM HARI INI~Satu pekan terakhir suhu bumi di Batam telah menembus angka tertinggi sepanjang tahun 2013 yakni 33,6 derajat celcus (DC). Situasi tersebut telah dirasakan oleh mayoritas warga Batam sangat panas.
Apalagi diperparah kelembapan udara Batam yang mencapai 48 persen. Makin membuat kondisi cuaca lebih kering setelah terjadi terakhir kali pada 2007 silam.
“Prediksi kami cuaca terik dan kering minim hujan seperti sekarang akan terjadi satu bulan ke depan,” ungkap Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philips Mustamu kepada wartawan,  siang tadi (18/6).
Menurut dia situasi kering tersebut tergolong masih normal. Dan tidak fenomena alam sebagai penyebabnya.
“Memang karena wilayah kita berada di tengah laut, tentu panas lebih tinggi jika dibanding daerah pegunungan,” lanjutnya.
Philips juga menuturkan kondisi kabut asap masih akan menyelimuti Batam dan sekitarnya sampai beberapa hari ke depan. Kendati sekarang sudah mulai tipis jika dibanding hari Senin kemarin.
“Pantauan satelit NOAA yang kita punya ada sekitar 39 titik api lagi, jumlahnya udah berkurang dari semua 134 titik api di wilayah Sumatera Daratan,” pungkasnya.
Dia mengimbau agar warga lebih waspada terutama para nelayan dan kapal komersil. Pasalnya wilayah laut sangat rentan dengan kabut asap kiriman tadi. (thr)

DPRD Minta Pasokan ke SPBU Tetap Lancar

Helmy-Hemilton23
Helmy Hemilton, SH,MH



Jelang Kenaikan BBM di Batam
 BATAM Legislatif~Harga bahan bakar minyak (BBM) dipastikan naik dalam waktu dekat setelah DPR RI memutuskan menerima APBN Perubahan 2013, Senin (17/6) lalu. Sebagai daerah yang selalu dirundung kelangkaan BBM, politisi di DPRD Batam minta aparat keamanan untuk meningkatkan pengawasan distribusi BBM di kota ini.
Peningkatan pengamanan ini menurut anggota Komisi I DPRD Batam Helmy Hemilton untuk memberikan kepastian akan tersedianya BBM terutama premium di SPBU. “Agar masyarakat tidak panik karena biasanya jelang kenaikan harga BBM, warga selalu mengantre di SPBU,” ujarnya.
Ironisnya kata Helmy lagi, antrian BBM itu diakibatkan oleh kekurangan pasokan serta stok di SPBU. “Jadi tidak ada alasan SPBU atau Pertamina bahwa ada pengurangan pasokan,” imbuhnya.
Selain memastikan ketersediaan BBM, politisi Partai Demokrat ini juga minta adanya pengawasan ketat terkait pelansir BBM dengan mobil modifikasi. Karena kata dia, kuat dugaan jelang kenaikan BBM, para spekulan akan berusaha untuk menimbun.
“Kita minta polisi dan aparat keamanan lainnya untuk mengawasi betul hal ini. SPBU yang coba-coba menimbun BBM juga harus ditindak tegas,” ujarnya.
Helmy juga meminta masyarakat untuk turut mengawasi pendistribusian BBM dari Pertamina hingga SPBU. Terkait rencana kenaikan harga minyak, ia berharap masyarakat bisa memahami kebijakan pemerintah tersebut dan tidak panik dengan memborong BBM.
Agar tidak terjadi kepanikan tersebut, ia minta Pemko Batam dan stake holder lainnya untuk mensosialisasikan kebijakan kenaikan harga BBM tersebut ke masyarakat serta memberikan jaminan akan keamanan stok dan distribusi. 

Road To Karaoke World Championship 2013 di Finlandia

Feny Desraini Hasibuan, Wakili Batam di Ajang KWC 2013

BATAM Hiburan~Feny Desraini Hasibuan, mahasiswa UIB jurusan Akuntansi berhasil mewakili Batam bertanding di Jakarta dalam acara road to Karaoke World Championship 2013 di Finlandia, November mendatang.
Feny berhasil mengalahkan 50 peserta di Batam. “Senang, bisa mewakili Batam ke Jakarta, mudah-mudahan menang di Jakarta, sehingga bisa berangkat ke Finlandia,” ujar dara kelahiran 21 Desember 1995 ini siang tadi (18/6).
Atas kemenangannya dalam ajang Road to KWC 2013 tingkat cabang Inul Vizta ini, putri pertama dari pasangan Floridawati Damanik dan Joni Hasibuan ini berhak mendapatkan hadiah uang tunai dan hadiah. Bukan hanya itu saja, biaya akomodasi, transportasi dan pengeluaran selama di Jakarta juga ditanggung langsung Inul Vizta Batam.
“Semuanya kita tanggung,” ujar Manajer Operasional Inul Vizta Batam, Kevin.
Lagu Beyonce Knowles, mantan personil Destiny Child berjudul Hello dan Listen ditambah suara melengkingnya yang teratur, mengantarkan Feny menjadi juara di Batam. “Sudah sering ikut perlombaan, tapi kali ini perlombaan yang hadiahnya bertingkat, dan dibawa ke Jakarta. Senang banget,” ungkapnya.
Di Jakarta nanti, Feny pun sudah mempersiapkan beberapa lagu festival yang akan dia bawakan, seperti I’m telling dan The Greatest Love. “Panitia minta peserta mempersiapkan dua lagu, saya sedang memperdalam vokal untuk menyanyikan lagu ini. Semoga bu Inul nanti memilih saya di Jakarta,” ungkap remaja Batam yang aktif sebagai singer di Gereja ini.

Mempromosikan Kota Batam sebagai Kota Industri

BATAM HARI INI~Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Kementerian Luar Negeri RI menggelar acara Business Gathering bertajuk “Batam Updates 2013: Benefits & Challenges” di Kantor Kemlu, Rabu (19/6).
Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan Batam. Baik peluang maupun keunggulannya terkini.
“Ini adalah implementasi hubungan kerjasama antara kedua belah pihak (BP dan Kemenlu, red) dalam mempromosikan kota Batam sebagai kota industri, serta daerah kawasan perdagangan bebas yang kompetitif di kawasan Asia tenggara,” kata Kepala Sub-direkorat Hubungan Masyarakat dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan.
Ilham mengatakan, Batam adalah lokasi yang strategis untuk berinvestasi. Batam memiliki fasilitas penunjang dan insentif dalam memberikan pelayanan kepada para investor, terlebih dengan status Batam sebagai kawasan perdagangan bebas atau Free Trade Zone.
Batam telah dikenal sebagai daerah industri yang kompetitif di kawasan Asia Pasifik dengan infrastruktur modern dan tersedianya berbagai fasilitas pendukung. Seperti sarana jalan dan jembatan, pelabuhan feri penumpang internasional dan pelabuhan kargo, juga bandara internasional Hang Nadim yang memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia, yakni 4 kilometer.
Kegiatan yang menjadi rangkaian acara APEC ini menghadirkan perwakilan duta besar dari negara-negara asing yang berada di Jakarta, seperti Amerika, Afrika, China, Jepang, Arab Saudi, Belanda, Kroasia, Itali, Jerman, Korea, Rusia, Prancis, Malaysia, Swiss, Swedia, Singapura dan negara-negara lainnya.
Selain itu, akan hadir pula dalam kegiatan ini perwakilan organisasi internasional, seperti World Bank, UNDP, ILO, IMF, WHO, dan ASEAN Foundation. Serta Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Koordinasi, Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementerian Bidang Perekonomian, serta BKPM.
Sementara, dari Batam, turut hadir pula Kepala Dinas Tenaga Kerja Batam Zarefriadi dan perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri Cahya.

Aset Pemko Batam Hilang, Kok Bisa?

BATAM HARI INI~Lima aset tetap Pemko Batam yang dibeli dengan uang negara dinyatakan hilang. Negara pun dirugikan sekitar Rp 64,9 Juta.
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Provinsi Kepulauan Riau mempertanyakan empat aset tersebut dan meminta Pemko Batam menemukan aset tersebut dalam 60 hari ke depan.
Dalam surat pemeriksaan BPK tersebut  diketahui ada
Satu unit Laptop Compac Evo N620C seharga Rp 16,9 juta dinyatakan hilang. Aset tersebut berada di Badan Penanaman Modal (BPM) Pemko Batam.
“Dalam inventaris disebutkan ada satu unit laptop. Ketika ditanyakan, pihak SKPD menyatakan tidak tahu,” kata Parna, kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kepri.
Selain itu ada juga satu unit DVD Panasonic seharga Rp 16 juta yang dinyatakan hilang. Ini juga berada di Badan Penanaman Modal Pemko Batam (BPM). Barang ini hingga saat ini masih dalam tahap pencarian oleh SKPD yang bersangkutan.
Barang hilang  selanjutnya yang juga berada di BPM adalah satu unit kamera Nikon senilai Rp 5juta. Hingga saat ini kamera ini juga masih dalam tahap pencarian.
Selanjutnya adalan dua unit aset elektronik yang dinyatakan hilang dari sekretariat DPRD Kota Batam di antaranya adalah satu Computer PC tahun 2007 senilai Rp 9,5 juta.
“Berdasarkan inventarisasi ada, tetapi ketika dicek tidak ada,” kata Parna.
Aset terakhir adalah printer tahun 2006 senilai Rp 15,5 Juta, juga di sekretariat DPRD Kota Batam.
Dalam laporan tersebut dikatakan bahwa inventaris tersebut ada tetapi staff di Sekretariat mengaku lupa barang itu  berada di mana.
Kepala BPM Gustian Riau membantah temuan tersebut. Ia mengaku tidak ada masalah dengan aset tersebut.
“Itu semua sudah terdaftar kok. Intinya tidak ada masalah, katanya singkat.
Sementara Tije Tajudin, Humas DPRD Kota Batam tidak bisa dimintai keterangan. Dihubungi lewat ponsel, yang bersangkutan tidak menjawab. (BatamPos/ian)

Laporkan Asuransi Bumi Asih Jaya ke Kejaksaan Terkait JHT PNS

BATAM~Pemko Batam akhirnya membawa kasus Jaminan Hari Tua (JHT) PNS Pemko Batam ke jalur hukum. Hal ini dikarenakan perbedaan penghitungan jumlah premi antara Bumi Asih Jaya (BAJ) dengan Pemko Batam. Pemko bersikukuh premi JHT PNS yang harus dibayarkan BAJ sebesar Rp 115 Miliar, sedangkan BAJ hanya bersedia membayar Rp 65 Miliar.
UangKepala Keungan Pemko Batam, A Malik mengaku bahwa pemko Batam sudah membuat perhitungan secara detail. Hasil perhitungan tersebut pernah disampaikan ke pihak Bumi Asih, tetapi tidak ditanggapi. Ia mengatakan dari pihak Bumi Asih hanya akan membayarkan Rp 65 Miliar.
“Bayangkan selisihnya mencapai Rp 50 Miliar. Tapi perhitungan kami tidak diterima. Ini sudah berlarut-larut, tidak ada titik temu makanya kami lebih baik membawa ini ke proses hukum. Kami sudah melaporkan hal ini ke Kejaksaan Negeri Batam,” katanya usai menggelar RDP di komisi I DPRD Kota Batam, Jumat (14/6).
Sementara itu beberapa perwakilan dari PNS yang ikut dalam RDP tersebut mendesak Pemko Batam untuk segera mencairkan dana Rp 65 Miliar yang dimiliki BAJ. Mereka takut jika itu tidak segera cair, maka mereka tidak akan dapat sama sekali.
“Kami hanya menuntut hak kami. Sebentar lagi kami pensiun, bagaimana kami menghidupi keluarga,” katanya.
Eddie Lumawie, anggota komisi I DPRD Kota Batam meminta pihak Bumi Asih Jaya untuk ikut proses yang berlaku. Ia berharap untuk kasus ini tidak ada negoisasi antara Pemko Batam dan BAJ, karena premi yang dipotong oleh BAJ murni dari penghasilan PNS.
“Tidak boleh ada nego dalam hal ini. Kasihan para pegawai yang gajinya langsung dipotong untuk asuransi tersebut,” katanya.
Politisi dari PKP Indonesia tersebut mengatakan akan kembali menjadwalkan RDP. Ia berharap sekretaris daerah Agussahiman dan pimpinan BAJ hadir dalam RDP lanjutan tersebut. Ia juga meminta agar surat perjanjian kontrak antara kedua belah pihak dibawa saat RDP.
“Kalau perjanjian kontrak itu sudah ada, maka akan lebih gampang penyelesaiannya. Masalahnya selama ini mereka tidak pernah mau memberikannya,” katanya.
Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kota Batam Ruslan Kasbulatov mengatakan, masalah ini sudah termasuk dalam pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pihak tertentu terhadap PNS Kota Batam.
Ia juga mengapresiasi keberanian dua orang PNS tersebut yang berani ikut dalam aksi demonstrasi. Ia berharap agar Pemko Batam serius menangani masalah ini agar PNS bisa tenang dan mendapatkan apa yang menjadi haknya.
“Indikasi adanya dugaan pelanggaran hukum ada. Penegak hukum harus peka dalam masalah ini. Saya mengapresiasi atas adanya PNS untuk menuntut haknya. Saya berharap pihak PNS tidak mendapat intimidasi dari pihak mana pun,” katanya. (ian)

Pemko Batam Siapkan Dana Rp 500 Juta Per-Kelurahan 2014

Batam Hari Esok~Pemerintah Kota Batam akan menambah anggaran dana percepatan infrastruktur kelurahan untuk tahun 2014 mendatang. Jika di tahun ini anggaran percepatan itu sebesar Rp 250 juta. Tahun 2014 nanti, jumlahnya bertambah dua kali lipat menjadi Rp 500 juta.
“Masing-masing kelurahan nanti dapat Rp 500 juta,” kata Wakil Wali Kota Batam Rudi.
Dana percepatan infrastruktur itu masuk dalam program pengentasan kemiskinan Pemko Batam. Pengelolaannya akan dilakukan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).
Masyarakat dapat menggunakan dana tersebut untuk melakukan pembangunan yang sifatnya kecil. Seperti misalnya, membuat jalan setapak, membuat drainase, atau memperbaiki fasilitas umum.
“Pokoknya semua masalah lingkungan di kelurahan,” katanya.
Penggunaan dana itu, kata Rudi, tidak perlu melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Masyarakat cukup melakukan koordinasi mulai dari tingkat RT, RW, hingga kelurahan. Baru kemudian disampaikan ke BKM.
BKM-lah yang menentukan apakah pembangunan tersebut layak didanai atau tidak. Ini bergantung pada prioritas kelurahan tersebut.
“Mereka siapkan apa-apa yang mau dibangun. Diprioritaskan. Nanti didudukkan bersama BKM,” kata Rudi lagi. (ceu)

MAHASISWA DEMO KENAIKAN BBM, WARTAWAN DEMO POLISI


demo

Wartawan di Batam demo di pos polisi, Simpang Jam, Selasa (18/6). Mereka demo menggugat aparat keamanan yang telah mencelakai tiga repoter saat meliput demo penolakan kenaikan harga BBM, Senin (17/6) lalu.
Tiga Jurnalis yang celaka itu ialah Nugroho Kusumawan (Trans7 di Jambi), Roby Kelerey (Mata Publik di Ternate). Keduanya di dan Suari (Buton Pos di Buton) Suari dianiaya oleh oknum Satpol PP di sana.
Dalam Orasinya, Agus Siswanto, Sekretaris IJTI Batam menyerukan agar Polisi tak lagi gunakan cara kekerasan untuk menangani demonstrasi.
Ia juga menyerukan agar insiden di tiga kota itu diusut tuntas. (BatamPos/ptt)

Pemko dan FKPD Batam Upacara Bersama di Mako Lanal

BATAM HARI INI- Mempererat tali silaturahmi antara Pemko Batam dengan unsur Forum Kominikasi Pimpinan Daerah (FKPD), digelar upacara 17 hari bulan, di lapangan Mako Lanan, Tanjung Sengkuang, Senin (17/6/2013) pagi.

Upacara yang dipimpin oleh Danlanal Batam, Kolonel Deni Hendrata dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Batam Rudi beserta PNS di lingkungan Pemko Batam, Polresta Barelang, Kodim 0316 Batam, Lanal Batam, Yonif 43, Kejaksaan Negeri Batam, Kantor Imigrasi Batam, dan BP Kawasan.

Deni mengatakan, upacara itu sengaja dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi diantara unsur FKPD Batam. Dengan terjalinnya tali silaturahmi, diharapkan keamanan dan ketertiban dapat terjaga. Sehingga, kota industri yang mengandalkan investasi dari perusahaan asing dapat berkembang.

Berbeda dengan kota lain, lanjut Deni kota Batam yang tidak memiliki sumberdaya alam ini harus dapat berkembang meskipun mengandalkan usaha industri dan jasa. Maka seluruh instansi harus dapat bekerja sesuai dengan tupoksinya di wilayah kota Batam.

"Koordinasi antar instansi itu penting. Kita satukan visi dan misi dalam mewujudkan Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang modern," kata dia.

Mayat Perempuan Tua Ditemukan di Perairan Jembatan I Barelang

BATAM KRIMINAL - Seorang perempuan diperkirakan umur di atas 60 tahunan ditemukan sudah menjadi mayat dan terapung di pinggiran pantai tidak jauh dari pondasi penyangga Jembatan I Barelang sebelah kiri paling ujung menuju Jembatan II Barelang, Senin (17/6/2013) sekitar pukul 20.00. WIB.

Mayat tersebut pertama ditemukan oleh Sy, yang sedang bersantai bersama pacarnya dan melihat sesuatu terapung di pinggir Jembatan I dari atas. Setelah memastikan bahwa benda yang terapung tersebut adalah mayat, dia langsung melaporkannya ke Pos Ditpam yang tidak begitu jauh dari jembatan terpanjang di Batam ini. 

"Saya langsung saja melapor ke Pak Manullang, anggota Ditpam yang berjaga di pos itu," katanya.

Anggota ditpam yang menerima laporan itu, langsung turun ke TKP dan selanjutnya melaporkan ke Mapolsek Sagulung, " setelah kita turun ke bawah, tempat yang diduga mayat manusia kita langsung laporkan ke Mapolsek Sagulung" ujar Amron Manullang.

Batamtoday yang mendapat informasi itu langsung meluncur ke TKP, namun oleh karena medan menuju lokasi mayat ditemukan sangat sulit dilalui. Jenazah kemudian ditarik menuju tepi jembatan yang biasa dilalui oleh kendaraan pengangkut pasir, oleh warga sekitar dengan memakai pompong.

Setelah mayat ditepikan, tidak ada identitas ditemukan di tubuh jenazah. Jazad perempuan malang itu memakai sandal jepit motif berkilauan yang masih lengket di kaki sebelah kanan, baju hitam jenis kaus bermotif bunga, memakai celana ketat hitam jenis karet, memakai jam tangan tali kulit warna hitam, mengenakan bra warna coklat, berbadan gemuk, diyakini memakai jilbab, memakai anting-anting perak warna putih.

Dari mulut korban masih mengeluarkan darah segar, dan berbuih, menurut Kanit Gakkum Polair Polresta Barelang, Aiptu Suranto keluar dari mulut mayat diduga akibat hantaman.

"Jantungnya pecah ini akibat benturan benda keras, diduga korban bunuh diri dengan melompat, karrna tidak ditemukan luka di tubuh korban" ujarnya.

Tidak begitu lama, korban langsung dibawa oleh Mobil Identifikasi Polresta Barelang ke RSOB untuk dilakukan visum.

DAMPAK KENAIKAN BBM Disperindag Batam Akan Lakukan Operasi Pasar

Amsakar Achmad
BATAM HARI INI- Kebijakan penyeimbang di tengah kenaikan harga BBM, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kota Batam akan lakukan operasi.

Kepala Disperindag Batam, Amsakar Achmad, mengatakan operasi pasar akan dilakukan pada pertengahan Juni, Juli dan Agustus. Sebab, pada bulan tersebut inflasi rentan naik.

"Tim sudah melakukan monitoring, kita akan segera turun ke lapangan untuk melakukan operasi pasar," kata dia, kemarin.

Ditambahkannya, selain operasi pasar, kebijakan penyeimbang lain yang akan dilakukan oleh Disperindag Batam yakni pembagian sembako murah langsung kepada warga, di beberapa tempat, seperti Kecamatan Bengkong, yang dilakukan pada hari ini, Selasa (18/6/2013) pagi, tepatnya di Kelurahan Bengkong Sadai.

"Kita akan gelontorkan sembako murah dalam partai besar," ujar dia.

BBM NAIK, UMK JUGA NAIK

Demo menuntut kenaikan UMK apabila Pemerintah menaikkan BBM
Aliansi Buruh dan Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM
BATAM HARI INI- Serikat buruh bersama mahasiswa di Kota Batam dan Tanjungpinang menggelar aksi unjuk rasa di kantor pemerintahan, Senin (17/6). Aksi secara nasional itu menolak kebijakan pemerintah yang ingin menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Namun jika BBM subsidi jadi naik, maka buruh di Batam juga akan menuntut agar upah minimum kota (UMK) ikut dinaikkan.
Di Batam, aksi demo dipusatkan di Kantor Walikota Batam. Ratusan buruh menyemuti halaman gedung Pemerintah Kota Batam tersebut. Adapun serikat buruh yang ikut aksi menolak kenaikan BBM adalah KSPI, FSPMI dan lainnya.

Perwakilan dari FSPMI mengawali aksinya. Para orator saling bergantian menyampaikan protes mereka atas rencana pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. FSPMI tegas menolak kenaikan BBM.

Koordinator lapangan (Korlap) FSPMI Suprapto dalam orasinya menyampaikan, jika pemerintah tetap menaikan harga BBM, maka buruh meminta agar UMK kembali dinaikkan.

"Kami meminta kepada Pemko Batam untuk mencegah naiknya BBM kepada pemerintah pusat. Jika BBM tetap naik kami meminta agar UMK dinaikkan juga," teriak Suprapto dalam orasinya.

Ia melanjutkan, kenaikan harga BBM sama juga membunuh masyarakat Indonesia. Sebab, naiknya BBM akan diikuti dengan kenaikan barang-barang lainnya seperti sembako.

"Kami berharap agar pemerintah bijaksana dalam mengambil keputusan naiknya harga BBM. Di samping itu, kami berharap, aspirasi ini bisa disampaikan ke pemerintah pusat melalui Pemko Batam," tuturnya.

Masih dalam orasinya, FSPMI yakin jika BBM naik maka daya beli buruh akan mengalami penurunan hingga 30 persen. Alasan lain FSPMI menolak kenaikan BBM, karena pemerintah tidak menggunakan pengalihan subsidi BBM untuk melaksanakan kesehatan seluruh rakyat. Selain itu, tidak adanya ketegasan secara terbuka dari pemerintah bahwa pengalihan subsidi untuk transportasi publik dan perumahan buruh. Program BLSM yang dijanjikan pemerintah diyakini FSPMI hanya untuk kepentingan Pemilu 2014 mendatang.

Pantuan Haluan Kepri, aksi buruh ini menolak kenaikan BBM ini sangat diperhatikan serius oleh aparat keamanan. Buktinya, selain aksi buruh disambut Wakil Walikota Batam Rudi, juga tampak mendampingi Kapolresta Barelang Kombes Karyoto, Dandim 0316 Batam Letkol Harvin Kiningalo, dan Danyon 134 TS Mayor Persada Alam.

Berdialog

Sementara itu, Yoni Mulyo Widodo Ketua PC SPMI dan KSPI Korwil Batam saat mediasi dengan Wakil Walikota Batam Rudi serta didampingi oleh Kadisperindag Batam Amsakar Achmad, Kapolresta Barelang Dandim 0316 Batam dan Danyon 134 TS menyampaikan bahwa pihaknya hanya ingin menyampaikan aspirasi menolak rencana kenaikan BBM.

"Kami tahu, keputusan naiknya BBM di tangan pusat, dan kami hanya menyampaikan asprirasi masyarakat Batam agar BBM tidak jadi naik," kata Yoni saat berdialog dengan Wakil walikota Batam Rudi.

"Kami mohon kepada Pemko Batam dalam hal ini Wawako Batam Rudi, bisa menyampaikan asprasi masyarakat hingga ke pemerintah pusat," imbuhnya lagi.

Dihadapan perwakilan serikat buruh, Wakil Walikota Batam Rudi berjanji setelah pertemuan langsung akan langsung menyampaikan aksi penolakan kenaikan BBM ke Pusat.

"Satu jam setelah aksi ini saya akan mengirimkan surat tentang aspirasi kawan-kawan buruh ke pemerintah pusat," kata Rudi.

Setelah berdialog dengan Wakil Walikota Batam, buruh pun kemudian bubar dengan tertib.

Di Gedung DPRD Kota Batam, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Rakyat, juga melakukan aksi demonstrasi menentang kenaikan harga BBM subsidi. Dalam aksinya, Aliansi Mahasiswa dan Rakyat menyampaikan 12 poin.

Poin-poin tersebut; menolak kenaikan BBM, bangun infrastruktur energi untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap minyak, stop BBM sebagai komoditas politik praktis. Selain itu mendesak optimalisasi pendapatan negara sektor pajak dan efisiensi anggaran belanja aparatur negara yang membebani APBN, kenaikan harga BBM subsidi menimbulkan inflasi.

Di Tanjungpinang, aksi serupa juga berlangsung tertib. Puluhan mahasiswa turun ke jalan menolak rencana kenaikan BBM bersubsidi. Namun, meski kenaikan harga BBM belum pasti kapan waktunya, namun di sejumlah SPBU antrean kendaraan mengular hendak mengisi BBM. (HK/byu/cw73)

AKIBAT MUATAN LEBIH, TRUK TERBALIK

BATAM Lakalantas- Truk dengan bernomor polisi BP 9734 ZB milik PT Prestige terbalik di tanjakan depan Southlink,  Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Sekupang, Senin (17/6). Diduga penyebabnya karena truk tersebut mengangkut barang melebihi muatan.
Akibatnya, seluruh barang yang diangkut truk tersebut berserakan di jalan raya. Barang-barang tersebut berupa kardus, cat, dan lain-lain. Kejadian itu membuat arus lalulintas menuju Sekupang macet total hingga dua kilo meter.

Edi, salah seorang supir taksi yang kebetulan berada di belakang truk tersebut mengatakan, truk itu tidak sanggup mendaki setibanya di tanjakan jalan di depan Sauthlink. Hal itu menyebabkan truk mundur ke belakang dan akhirnya terbalik di tengah jalan.

" Saya melihat truk itu tidak kuat mengangkut barang yang dibawanya. Buktinya setibanya di tanjakan truk terbalik karena mampu menahan tanjakan," kata Edi.

Yos, karyawan PT Prestige menjelaskan kejadian naas itu terjadi ketika truk yang membawa kardus menuju Pelabuhan Domestik Sekupang dari Batu Ampar pukul 06.30 WIB kehilangan keseimbangan setiba di tanjakan Southlink.

" Mungkin muatan terlalu banyak dan melebihi kapasitas mas. Ditanjakan ini, truk tak kuat mendaki, lalu truk tiba-tiba mundur hingga terbalik," kata Yos kepada wartawan.

Wakasat Lantas Polresta Barelang AKP Wahyu Hendra mengatakan kardus yang menutupi badan jalan sudah dipindahkan ke truk lain. " Petugas Satlantas kita kerahkan semua untuk membantu pengangkutan kardus ke truk. Pengangkutan tersebut memakan waktu kurang lebih dua jam," kata dia di TKP.

Muatan tersebut kemudian dibawa ke Mapolresta Barelang untuk dilakukan pemeriksaan. "Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja, kejadian ini menyebabkan arus lalintas macet hingga 3 jam," ujar  Wahyu.

Wahyu mengimbau kepada perusahaan yang mengangkut barang berat untuk tidak beroperasi di jam rawan seperti pagi dan sore. Sebaiknya angkutan barang beroperasi di siang hari atau malam.

"Kalau terulang kejadian seperti ini, jelas merugikan masyarakat. Apalagi kejadian di pagi hari pastinya perkerja banyak yang terlambat masuk kerja," jelasnya.

Untuk menghindari terjebak kemacetan, para pengendara roda dua  maupun mobil di jalan turunan RS Awal Bros memilih berputar balik. Pasalnya macet   panjang akibat tergulingnya sebuah truk hingga mencapai Jembatan Seiladi. (vnr)

BEA CUKAI BATAM SITA 34 iPhone 5

BATAM KRIMINAL - Kantor Pelayan Umum Bea dan Cukai (KPU BC) Batam, menyita 34 handphone jenis iPhone 5 dan ratusan baterai merek Nokia dengan kondisi baik, di Pelabuhan Beton, Sekupang, Batam, Rabu (12/6).
Kabid Penindakan dan penyidikan (P2) KPU BC Batam, Kunto Prasti mengatakan penangkapan tersebut  saat petugas P2 tengah melakukan pengawasan terhadap pengeluaran barang-barang yang akan dimuat di atas KM Kelud di pelabuhan beton, Sekupang tujuan Tanjung Priok, Jakarta.

Dalam hal ini, petugas menemukan 1 karton yang diduga berisi barang larangan pembatasan yang akan dikeluarkan dari kawasan bebas. Selanjutnya, barang tersebut dibawa ke Pos P2 dan memberitahukan siapa pemiliknya. Namun tidak ada yang mau mengakui sebagi pemilik barang.

Kunto mengungkapkan, adapun modus yang digunakan ialah melalui pengeluaran atau pengiriman barang larangan menggunakan jasa kapal KM Kelud dengan tujuan Tanjung Priok Jakarta.

"Kami menemukannya barang bukti ini di pelabuhan Beton Sekupang menuju Tanjung Priok Jakarta, namun, saat ditanya, tidak ada yang mau mengakui sebagai pemiliknya, "kata Kunto, Senin (17/6).

Kunto menyebutkan, ditemukannya 34 kotak iPhone 5 dengan ratusan baterai Nokia, pihaknya belum mengetahui seberapa besar potensi kerugian negara. Selain itu juga, sampai saat ini, pelaku atau pemilik dari barang tersebut, belum diketahui.

"Kami masih melakukan pengembangan dan belum tahu berapa potensi kerugian negara.  Kasus ini masih dalam proses penelitian seksi penyidikan, "pungkasnya.(HaluanKepri/byu)

PENERBITAN SATU NOMOR E-KTP DAN NPWP

Ilustrasi
BATAM HARI ESOK- Pemerintah berencana menyelaraskan kartu tanda pengenal elektronik (e-KTP) dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Untuk rencana ini, telah ada kesepakatan antara Dirjen Pajak, Kementrian Keuangan dengan Kementrian Dalam Negeri.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Sadri Khairuddin mengatakan, penyelarasan e-KTP dengan NPWP merupakan kebijakan pemerintah pusat.

" Untuk NIK e-KTP menjadi NPWP itu merupakan kebijakan pusat,"terangnya.

Meskipun sudah ada kesepakatan Dirjen Pajak dan Kementrian Dalam Negeri, hingga kini belum ada surat edaran yang sampai kepadanya terkait penyelarasan tersebut.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan biar nantinya NIK e-KTP menjadi sama dengan NPWP. "Biar jadi satu nomor nantinya,"terang.

Saat ditanya kapan akan dilaksanakan kebijakan tersebut, dia menjawab mengaku belum tahu.  Penyampaian penyelarasan tersebut baru disampaikan secara lisan pada saat Kementrian Dalam Negeri atau Dirjen terkait berkunjung ke Batam.

" Hal tersebut pernah disampaikan kepada kita sewaktu ada kunjungan dari Jakarta ke Batam. Namun surat edarannya belum ada, jadi saya belum tau kapan akan dilaksanakannya,"terangnya. (jua)

PERCEPATAN EKONOMI MASYARAKAT

BATAM Ekonomi - Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang kesulitan mengembangkan usaha, khususnya dari segi permodalan,  bisa mengadukan permasalahannya  di Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (Pinbuk). Pinbuk yang lahir dari organisasi Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) ini, siap membantu  mulai dari pendampingan, permodalan sampai pelatihan.
Ketua Pinbuk Pusat Abdul Jabir Uksin mengatakan, Pinbuk berperan membangun dan mengembangkan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Baitul Maal wat Tamwil (BMT). Keberadaaan BMT sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia.

" Saat ini sudah ada, sekitar 60 ribu di seluruh Indonesia yang kita bina mulai dari nol. Sampai sekarang sudah banyak yang sukses dan bahkan sudah ada yang beromset ratusan miliar," kata Jabir, saat mengikuti Rakerda Gugus Wilayah (Guswil) Pinbuk Batam, akhir pekan kemarin.

Ia menjelaskan, setiap pelaku UMKM dapat bergabung langsung di setiap BMT yang ada di daerah. Sehingga, apapaun kendala yang dialami, pasti akan dibantu. Termasuk dalam pemasaran produk-produk pelaku UMKM.

Dengan misi membangun keswadayaan masyarakat dan pengorganisasian kelembagaan LKM dan kelompok-kelompok usaha mikro yang mandiri, berkelanjutan dan mengakar di masyarakat, Jabir yakin pelaku UMKM akan tumbuh lebih pesat.

"Pelaku UMKM tidak bisa dibendung. Setiap tahun pasti bertambah, makanya ini Pinbuk hadir dalam memberikan pendampingan dan bantuan apa saja," kata Jabir.

Sementara itu, Ketua Pinbuk Guswil Batam Hasri mengtakan, program yang akan dilakukan, tidak terlepas dari proram Pinbuk pusat, mulai dari Capacity Bulding, dalam hal memberikan pendidikan latihan.

" Kemudian, ada Ruhiyah, sebagai kekuayatan mental. Bantuan pembiayaan, melalui BMT-BMT yang ada di bawah kita, dan Financial Appliccation dan bisnis," katanya.

Program-program yang dilakukan akan disampaikan, tidak terlepas pada budaya lokal. Kata Hasri, seperti di Kepri, bisa saja dibuat Frinchse Mie Tarempa, atau usaha-usaha kuliner lainya.

Yang jelas, menciptakan akses yang lebih mudah sehingga masyarakat miskin dan usaha mikro mampu menjangkau peluang, informasi dan sumberdaya untuk pengembangan usaha. (HaluanKepri)

APINDO KEPRI DUKUNG KENAIKAN BBM

BATAM HARI INI-  Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri mendukung sikap pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Demikian disampaikan Ketua Apindo Kepri Cahya, Senin (17/6).
Melalui telepon genggamnya, Cahya mengatakan, dukungan tersebut sesungguhnya telah dicetuskan Ketua Umum DPN (Dewan Pimpinan Nasional) Apindo Sofyan Wanandi secara resmi di depan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada April lalu. 

"Pertimbangannya, jika BBM tidak naik, ini akan membuat beban subsidi makin lama semakin membengkak, dan bisa berakibat habisnya cadangan devisa, rupiah bisa goyang lagi. Ini jelas tidak baik untuk dunia usaha. Sedangkan di lapangan, subsidi tersebut sama sekali tidak tetap, sarat dengan penyelewengan," sebut Cahya. 

Pengusaha, sebut Cahya, sangat menyadari beban negara yang semakin kritis akibat subsidi BBM yang tdk tepat sasaran. Di samping itu, Apindo juga ingin menampik tuduhan bahwa yang menikmati BBM subsidi adalah kalangan yang mapan.

"Sudah sejak lama Apindo mendesak pemerintah segera menaikkan harga BBM, kemudian dana subsidi tersebut bisa disalurkan ke mereka yang benar-benar membutuhkan dan pembangunan infrastruktur di seluruh indonesia," ujarnya.

Dana ratusan triliunan rupiah yang digunakan untuk subsidi BBM, seharusnya bisa digunakan untuk membuat banyak jalan dan jembatan yang sangat dibutuhkan untuk menggerakkan roda ekonomi nasional. Di mana saat ini masih banyak daerah di Indonesia yang masih membeli BBM bersubsidi dengan harga di atas Rp10 ribu per liter, akibat transportasi yang belum memadai.

Apindo berharap, jika subsidi BBM sudah dikurangi, maka pemerintah harus komit untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan pembangunan infrastruktur harus benar-benar terlaksana. 

"Jangan sampai dananya dialihkan untuk kepentingan lain yang tidak pro pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," sebut Cahya.

Terkait ancaman pekerja di Batam yang akan menggelar demo menolak kenaikan BBM bersubsidi, Cahya mengimbau pekerja untuk menjaga iklim yang kondusif untuk investor dan dunia usaha di Batam. 

"Jelas Apindo tidak setuju dengan ancaman seperti itu. Jangan sampai pemerintah yang menaikkan BBM, kemudian dunia usaha jadi korbannya, ini tidak fair," ujar Cahya. 

Cahya juga menyebutkan, seharusnya pekerja mendukung rencana tersebut dengan tujuan agar subsidi seharusnya lebih tepat sasaran. "Mari Apindo bersama buruh mendesak pemerintah agar sebagian dana subsidi dialihkan untuk membangun rumah susun pekerja, untuk kesehatan buruh dan lain-lain, pokoknya yang bersentuhan dengan kesejahteraan buruh dan masyarakat umum," pungkas Cahya. (pti)

CARA MENGHILANGKAN / MENGHAPUS ATRIBUSI BLOG

Indahnya Ngeblog
Cara menghilangkan atribusi bawaan blog sangat mudah. Ikuti saja cara-cara berikut :

- Klik Rancangan  > Edit HTML.
  (Dibiasakan Centang kotak kecil Expand Widget Templates)
- Cari kode ]]></b:skin> di dalam template kamu.
  (Agar lebih mudah pencariannya klik CTRL+F lalu paste ]]></b:skin>
  didalam kotak yang tersedia) 
Tips aman :
Lakukan backup dengan "DOWNLOAD TEMPLATE LENGKAP".
Kalo terjadi kesalahan kamu tinggal Upload lagi dan bakal kembali seperti semula.
- Copy pastekan script di bawah ini tepat diatas kode ]]></b:skin>

#Attribution1 {
height:0px;
visibility:hidden;
display:none
}
Simpan dan Lihat Hasilnya
Selamat Mencoba

DAMPAK KASUS DANA ASURANSI PNS BATAM

Jemuran Baju Dinas di Kantor DPRD Batam Simbol Kekecewaan
 PNS Batam
BATAM HARI INI - Puluhan pakaian dinas PNS yang tergantung di lobi kantor DPRD Batam ternyata dijemur oleh kalangan LSM yang concern terhadap kasus dana asuransi PNS Batam yang hingga kini macet.

Hubertus LD, koordinator Koalisi Rakyat Bergerak mengatakan jemuran seragam itu merupakan simbol kekecewaan mereka atas pengebirian yang dilakukan oleh petinggi Pemerintah Kota Batam. Pasalnya hingga saat ini dana asuransi PNS di Bank Bumi Asih Jaya (BAJ) belum juga ada kejelasan.

"Bentuk kekecewaan PNS kepada pimpinan mereka. Mereka minta agar dana asuransi segera dicairkan," kata Hubertus kepada batamtoday, Jumat (14/6/2013).

Seluruh PNS di Batam yang berjumlah sekitar 6.000 jiwa, lanjut Hubertus, sangat berharap adanya bantuan dari DPRD sebagai wakil rakyat untuk membantu mengawal permasalahan tersebut sampai dengan selesai.

"Kita minta Dewan mengawal agar dana asuransi PNS segera dicairkan," ujarnya.

Jemuran baju dinas PNS tersebut dilakukan bertepatan dengan digelarnya rapat dengar pendapat antara Komisi I dengan sejumlah pejabat teras Pemko Batam dan perwakilan Asuransi Bumi Asih Jaya.

DAMPAK KENAIKAN BBM, RIBUAN MASSA AKAN TURUN KE JALAN

Kondisi Jalan yang macet akibat adanya aksi massa
penolakan BBM
BATAM Demontrasi- Ribuan massa dari sejumlah elemen di Batam akan menggelar unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM, Senin (17/6/2013) pagi.

Salah satu elemen yang dipastikan turun yakni Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam. Mereka mengklaim akan menurunkan 5 ribu massa dan menggelar aksi di pusat pemerintahan, kawasan Engku Putri.

Sekitar pukul 07.45. WIB, massa mulai berkumpul satu demi satu, dengan pakaian khas, dari berbagai perusahaan yang ada di kawasan Batamindo dan juga transportasi pendukung pengeras suara sudah berada di Simpang Panbil menuju Batam center.

Suprapto, Pangkorda Garda Metal Kota Batam yang ditemui di TKP mengatakan "Ini baru permulaan dari kita para pekerja, ribuan orang diyakini hari ini akan bersama sama dengan teman teman dari berbagai kawasan industri yang ada di Batam ini menuju Pemko Batam,".

Jika aspirasi warga ini tak digubris pemerintah, dia mengancam akan menurunkan massa yang lebih besar lagi jumlahnya.

Sementara itu, dari kawasan Engku Putri dilaporkan aparat keamanan sudah bersiap menghadapi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM ini. Ratusan aparat telah disiagakan berikut dengan kendaraan anti huru hara dan bentangan kawat berduri di depan Pemko Batam dan DPRD Batam.

SUZUKI RILIS SWIFT SPORT DI IIMS 2013

BATAM Automotif~Meski telah ditampilkan di ajang PRJ 2013, namun Suzuki masih belum merilis secara resmi hatchback sporty, Swift Sport. Dan kabarnya, Swift Sport baru siap dirilis pada gelaran Indonesian International Motor Show (IIMS) 2013 bulan September mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Davy Tuilan, 4W Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).  “Swift Sport rencananya akan dilaunching di IIMS nanti. Mobilnya belum bisa dipesan saat ini,” ungkapnya, dikutip otomotifnet, Senin (17/6/2013).

Sementara soal harga, pihak Suzuki masih enggan mengumbarnya. “Kalau soal harga mohon ditunggu dulu. Sabar saja ya,” pungkas , Endro Nugroho, Direktur Sales PT Suzuki Indomobil Sales.

Seperti diketahui, Swift Sport mengusung mesin M16A empat silinder berkapasitas 1.600cc yang mampu menyemburkan daya 136 dk. Mesin ini berbeda dengan edisi standarnya yang menggendong tipe K14B bervolume 1.400 cc dengan tenaga 95 dk.

Selain itu, Swift Sport memiliki kesan sporty dengan aplikasi bodi kit, headlamp proyektor, rumah foglamp dan transmisi CVT otomatis dengan tuas D (drive) dan M (manual).
 
Support : Batampos | BatamTV | Batamtoday | Haluan Kepri | TribunBatam
Copyright © 2011. Batam Hari Ini, Esok & Nanti - All Rights Reserved
Template Modify by Awaluddin, SE
Proudly powered by Blogger