Headlines News :
Home » » Buat Paspor Harus Sesuai Prosedur

Buat Paspor Harus Sesuai Prosedur

Posting By awaluddin ahmad on Tuesday, 20 August 2013 | 8/20/2013 01:04:00 pm

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Khusus Batam, Yudi Kurnaedi kembali mengimbau masyarakat yang akan membuat paspor agar melalui prosedur yang telah ditentukan. Ini dilakukan supaya masyarakat tidak merasa dirugikan dan sesuai dengan harapan. BATAM HARI INI- Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Khusus Batam, Yudi Kurnaedi kembali mengimbau masyarakat yang akan membuat paspor agar melalui prosedur yang telah ditentukan. Ini dilakukan supaya masyarakat tidak merasa dirugikan dan sesuai dengan harapan. 
" Biaya resmi untuk pembuatan paspor hanya Rp.255 ribu. Sementara map dan formulir gratis," kata Yudi Kurnaedi yang ditemui, Senin (19/8).

Karena itu, Yudi menyarankan sebaiknya warga yang ingin membuat paspor mengurus sendiri di loket pendaftaran kantor imigrasi. Atau melakukan pendaftaran melalui sistim online maupun sistim travel biro. 

" Kalau bisa, sebaiknya warga jangan menggunakan jasa calo, karena persyaratan dan pengurusan paspor sangat mudah," kata Yudi.

Yudi menjelaskan, ada beberapa tahap yang harus dilalui dalam pembuatan paspor. Tahap pertama mengambil map dan formulir secara gratis di loket pendaftaran. Kemudian, mengisi dengan lengkap formulir sesuai indentitas diri. Selanjutnya, formulir yang telah diisi lengkap itu, diserahkan kembali ke loket pendaftaran. 

" Setelah itu, oleh petugas Imigrasi data pemohon paspor dimasukkan atau di entri ke komputer, kemudian berfoto. Kemudian, data tersebut di kirim ke pusat, setelah mendapatkan jawaban dan ok, lalu dicetak dan jadi," ujarnya.

Mengenai persyaratan, antara lain surat nikah, kartu keluarga (KK) dan  akte lahir atau ijazah. 

Ada tiga cara untuk proses pengajuan permohonan paspor. Pertama dengan sistim manual, yaitu pemohon datang lansung ke loket untuk melakukan pengajuan paspor.

Kedua dengan sistim online, masyarakat melakukan Upload melalui internet, dengan memasukan semua data dan kemudian petugas langsung memprosesnya.

Ketiga dengan menggunakan Travel Biro, pengurusan dilakukan oleh personel perusahaan travel yang bersangkutan.

" Kalau sistim pengurusan manual, tentunya warga melakukan proses berfoto, sidik jari melalui antrian. Setelah berfoto, tiga hari kemudian paspor sudah selesai dan bisa diambil di loket pengambilan paspor," papar Yudi.

Dikatakan, dalam pengurusan permohonan paspor itu, baik melalui travel biro, manual atau yang bersangkutan maupun dengan sistim online, selesai tiga hari setelah berfoto. (HK/vnr)
Share this article :
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

SUKSESKAN MTQ NASIONAL DI BATAM

 
Support : Creating Website | Awaluddin, SE | Batamku
Copyright © 2011. Batam Hari Ini, Esok & Nanti - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger