Batam Hari Ini :
Home » » Batam Pos Entrepreneur Award 2013 Dibuka

Batam Pos Entrepreneur Award 2013 Dibuka

Batam Pos Entrepreneur School (BPES) akan kembali mengadakan ajang penghargaan Batam Pos Entrepreneur Award (BPEA) yang kedua. Bertajuk Supremasi Entrepreneurship Kepri, ajang ini juga akan memperebutkan kembali trofi Al Ahmadi 2013. Karenanya, BPES mengundang para pengusaha se-Kepri yang memiliki jiwa entrepreneurship untuk bertarung di kompetisi tahunan tersebut. Pendaftaran sudah bisa dilakukan mulai 19 Juni hingga 19 Juli 2013 mendatang.
“Batam Pos Entrepreneur Award bertujuan untuk mendorong terciptanya ekosistem entrepreneurial sekaligus apresiasai bagi para pelaku usaha yang ber-mindset entrepreneurship itu sendiri,” ujar Lisya Anggraini, General Manager BPES.
Kompetisi BPEA terbagi berdasar kategori bidang usaha dari peserta lomba, yakni kuliner, jasa dan industri serta talent. Adapun syarat pendaftaran peserta yaitu usaha sudah berjalan minimal 1 tahun dan batas usia pendaftar di bawah 50 tahun. Sedangkan dari sisi aset dan omzet, tidak dibatasi ketentuannya tapi lebih diutamakan yang memiliki mindset entrepreneurship.
“Setelah mendaftar, para peserta akan diseleksi meliputi administrasi, survei ke lokasi dan presentasi bisnis nantinya,” jelasnya. Biaya pendaftaran Rp 75 ribu. Para pendaftar bisa datang langsung ke Kantor BPES di Lantai 9 Gedung Graha Pena, Batam Centre.
Tentang Al-Ahmadi
Al Ahmadi Trophi berangkat dari upaya mengangkat sejarah entrepreneurship di wilayah ini. Di masa kerajaan Riau Lingga, sekitar tahun 1906 sudah muncul wirausaha dengan mindset entrepreneurship, yang ketika itu diberi nama Asysyarkah al-Ahmadiyah didirikan di Midai, Pulau Tujuh, Kabupaten Natuna, Kepri. Perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan kopra; nama serikat dagang ini berasal dari salah seorang pendirinya Raja Haji Ahmad bin Raja Endut (Umar).
Asy syarkah ketika itu bermakna sarekat dagang atau perusahaan terbatas (PT) yang dikenal saat ini. Asy syarkah Al Ahmadiyah adalah bukti prinsip entrepreneurship dipakai dalam mengembangkan bisnis. Mulai dari keberanian memberi brand perusahaan, bernama Al Ahmadiyah. Pemilik bisnis ini beberapa orang yang menanamkan modal dengan pembagian profit sesuai nilai modal atau saham yang ditanamkan, termasuk salah seorangnya Raja Ali Kelana.
Dalam operasionalnya menggunakan manajamen bisnis, dengan adanya pembagian kerja yang jelas dan memiliki manajemen keuangan serta sudah memiliki konsep pembagian hasil berupa saham kepemilikan. Dan untuk mengembangkan pasarnya, Asy syarkah Al Ahmadiyah memiliki target menjadi kapal induk dengan beragam unit bisnis. Al Ahmadi memulai unit bisnis pertama berupa kebun kelapa dan ekspor kopra ke Johor dan Singapura.
Raja Ali Kelana adalah salah seorang mitra bisnis untuk unit bisnis di bidang pelayaran. Untuk ekspor dan impor mereka berkerjasama dengan kapal-kapal yang dimiliki oleh Raja Ali Kelana kemudian menjalankan bisnis bersama untuk pembuatan batu bata di Batu Aji, Batam.
Pengembangan bisnis dan inovasi bisnis terus dilakukan dengan membuka bidang bisnis baru yang berkantor di Singapura, yakni Mathba’at al-Ahmadiyah yang kemudian lebih dikenal dengan nama Al-Ahmadiah Press pada 3 Desember (22 Rabiul-awal 1339 AH) berkantor di Minto Road Singapura.
Buku-buku yang diterbitkan berupa karya-karya penulis dan penyair Riau Lingga termasuk mencetak Al Kitab Pengetahuan Bahasa yang disusun oleh Raja Ali Haji Selain mencetak buku juga menyiapkan kebutuhan kertas, dan alat- alat kantor. Perusahaan percetakan ini bertahan hingga tahun 1980. Artinya, perusahaan ini mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama dari 1906-1980. Asy syarkah Al Ahmadiyah adalah pioneer perusahaan yang memiliki manajemen bisnis bermindset entrepreneurship yang mendorong lahirnya pebisnis baru dengan pola serupa di Midai dan daerah lainnya di zaman kerajaaan Riau Lingga.
Share this article :
 
Support : Modifikasi Website | Awaluddin, SE | Batam Hari Ini, Esok dan Nanti
Copyright © 2011. Batam Hari Ini, Esok & Nanti - All Rights Reserved
Template Modify by Modifikasi Website
Proudly powered by Blogger