Batam Hari Ini :
Home » » 1 Ramadhan Ditentukan Pemerintah Besok, Muhammadiyah Bakal Puasa Duluan

1 Ramadhan Ditentukan Pemerintah Besok, Muhammadiyah Bakal Puasa Duluan

BATAM HARI INI~Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) pada Senin (8/7) besok akan menggelar sidang itsbat penentuan tanggal 1 Ramadhan 1434 Hijriah.
Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag, Abdul Djamil, sidang tersebut akan menghasilkan keputusan mengenai awal puasa tahun 2013 ini.
”Besok sidang itsbat digelar. Kepastian tanggal 1 Ramadhan atau awal puasa ditentukan dalam sidang Itsbat,” ujar Djamil kepada wartawan beberapa saat lalu, Minggu (7/7).
Djamil menjelaskan, sidang istbat memiliki otoritas untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan. Sidang diantaranya akan dihadiri oleh para perwakilan dari ulama dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam yang akan digelar di kantor Kemenag MH.Thamrin dan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Suryadharma Ali.
Sidang itu sendiri terang Djamil, akan menerima laporan dari petugas-petugas Kemenag di seluruh Indonesia mengenai posisi hilal di wilayah Indonesia terkait penentuan tanggal 1 Ramadhan 1434 Hijriah.
”Petugas-petugas yang ada di seluruh Indonesia akan menyampaikan pengamatan hilal saat matahari terbenam dan bahan-bahan lainnya yang perlu dikemukakan dalam sidang,” kata Djamil
Namun ketika disinggung tentang kabar kemungkinan pemerintah mengeluarkan keputusan pada tanggal 10 Juli 2013, Jamil enggan berkomentar. Termasuk peluang terjadinya perbedaan penentuan awal puasa. Mengingat PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan pada Selasa 9 Juli 2013.
”Tunggu saja hasil sidang itsbat besok,” demikian Djamil. (BatamPos/spt/rmol)
Share this article :
 
Support : Modifikasi Website | Awaluddin, SE | Batam Hari Ini, Esok dan Nanti
Copyright © 2011. Batam Hari Ini, Esok & Nanti - All Rights Reserved
Template Modify by Modifikasi Website
Proudly powered by Blogger