Berita Batam :
Home » » Penerima Beasiswa di Batam 6.265 Pelajar

Penerima Beasiswa di Batam 6.265 Pelajar

Posting By awaluddin ahmad on Monday | Monday, June 03, 2013

Kategori Miskin dan Berprestasi

BATAM HARI INI- Pada tahun ini, sedikitnya 6.265 pelajar di Batam menerima beasiswa mulai dari tingkatan SD hingga SMA/sederajat. Beasiswa yang dibagikan, baik melalui anggaran pusat, provinsi dan kota dengan dua kategori, yakni siswa miskin dan siswa berprestasi.
Dari data yang ada, pemerintah pusat memberikan beasiswa untuk siswa miskin di Batam sebanyak 171 siswa dengan besaran bantuan Rp65 ribu perbulan. Sementara anggaran pemerintah provinsi dan kota bagi siswa miskin diberikan, kepada 4165 siswa. terbagi siswa SMA/ sederajat sebanyak 2.777 siswa, SMP sebanyak 694 siswa dan SD sebanyak 694 siswa, dengan besaran bantuan Rp90 ribu perbulan.

Sementara  untuk siswa berprestasi, sedikitnya 1929 siswa yang menggunakan anggaran APBD Provinsi dan Kota. Terbagi atas, SMA sederajat 333 siswa, bantuan Rp50 ribu per bulan. SMP sebanyak 555 siswa dengan bantuan Rp45 ribu perbulan dan SD sebanyak 1041 siswa dengan besaran bantuan Rp40 ribu perbulan.

Kabag Humas Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, selain beasiswa dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kota juga menyerahkan beasiswa untuk SD, SMP dan SMA/MA/SMK. Semua bantuan beasiswa itu disalurkan pusat dan daerah, melalui kantor pos dan bank, dan langsung kepada siswa yang bersangkutan.

"Dengan bantuan beasiswa ini, kita berharap, dapat memacu prestasi siswa di Batam. Orang tua akan terbantu. Terlebih, selain beasiswa, pada tahun ini, pemerintah pusat, juga mengalokasikan dana BOS untuk SMA/MA/SMK yang cukup besar," kata Ardi, kemarin.

Ia menjelaskan, dana BOS meningkat menjadi Rp1 juta, khusus siswa SMA. Tahun lalu, khusus SMA sederajat, masih kecil atau sekitar Rp120 ribu per tahun, per siswa.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Batam Udin P Sihaloho besarnya dana BOS yang diterima siswa sangat baik. Namun, ia berharap dana tersebut dapat dikelola dengan baik.

"Dengan nilai Rp1 juta, pastinya kita berharap tidak ada lagi pungutan-pungutan disetiap sekolah mengatasnamakan berbagai keperluan. Dan untuk penerimaan siswa baru nanti, ini penting diawasi masyarakat,"kata Udin.

Penegasan itu dinilai Udin penting, agar kedepan tidak ada pungutan liar. Dengan demikian, apa yang sudah dialokasikan pemerintah, bermanfaat dengan maksimal, dalam membantu siswa di Batam. Dimana, dana BOS untuk SMA sederajat itu, akan berlaku mulai penerimaan siswa baru nanti. (mnb)
Share this article :
Comments
0 Comments
 
About Admin : My Facebook | My Twitter | PLH Indonesia| shoping aulia| My Profil
Copyright © 2011. Batam Hari Ini, Esok & Nanti - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger