Batam Terkini :


Home » » Pangkalan Gas Elpiji Batam Baru 780 Terferivikasi

Pangkalan Gas Elpiji Batam Baru 780 Terferivikasi


Batam Hari Ini- Tim penertiban gas elpiji 3 kilogram terus melakukan pendataan terhadap pangkalan gas elpiji bersubsidi tersebut. Dari jumlah pangkalan 1.331 yang ada di Batam, baru sekitar 780 unit atau sekitar 60 persen yang sudah diverifikasi dan layak menjadi pangkalan gas elpiji  3 kilogram.
Kadisperindag dan ESDM Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan tim dari Diperindag dan ESDM terus menggesa pendataan tersebut. Dengan demikian pengawasan distribusi elpiji subsidi bisa dilakukan dengan maksimal. Termasuk dalam mengatasi kelangkaan elpiji tiga kilo.
“Setiap pangkalan wajib mencatat berapa kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Selain itu, mencatat berapa jatah yang diterimanya dalam satu bulan dari agen,” katanya.
Menurut Amsakar dengan pendataan ini, maka akan diketahui kebutuhan riil elpiji di Batam.
Amsakar mengatakan pangkalan yang sudah terverifikasi ini adalah yang terdaftar dan mendapat rekomendasi dari Disperindak dan ESDM Kota Batam. Ia mengatakan Jumlah pangkalan di Batam, setelah semua terverifikasi bisa saja bertambah atau berkurang. Dilihat dari kebutuhan masyarakat.
Sementara itu, Amiruddin, Kabid Energi dan Sumber Daya Mineral Disperindag Batam mengatakan, pemerintah pusat masih mengalokasikan jatah elpiji tiga kilo untuk Batam sesuai jumlah  masyarakat yang terkonversi ke gas.
“Data yang terkonversi sebanyak 212.841, dengan asumsi dalam satu bulan terpakai tiga tabung. Ini yang menjadi landasan Pusat menentukan kuota. Tapi realitanya, masyarakat kita sekarangkan tidak. Siapa saja bisa membeli tabung gas 3 Kg, karena kuota tidak tetap. Dengan kuota itu, itupun masih kurang,” kata Amiruddin.
Amiruddin mengatakan jumlah masyarakat Batam terus bertambah, belum lagi pelaku UMKM, sehingga pemakaian LPG 3 Kg terus bertambah. padahal, dalam aturan, tambah AMiruddin, sudah jelas sipa-siapa saja yang berhak memakai tabung gas 3 kg itu.
Share this article :
Comments
0 Comments
 
Support : Batampos | BatamTV | Batamtoday | Haluan Kepri | TribunBatam
Copyright © 2011. Batam Hari Ini, Esok & Nanti - All Rights Reserved
Template Modify by Awaluddin, SE
Proudly powered by Blogger