Batam Terkini :
Home » » Ranperda Pelayanan Publik di Batam

Ranperda Pelayanan Publik di Batam

Anggota Komisi I DPRD Kota Batam
BATAM HARI INI- Komisi I DPRD Batam mengusulkan perlunya dibuat peraturan daerah (perda) tentang pelayanan publik. Ini dilakukan untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan agar lebih berkualitas.
Usulan itu disampaikan Anggota Komisi I DPRD Batam Basri Harun dalam Rapat Paripurna Ke-5 masa persidangan II tahun 2013, kemarin. Ia menjelaskan, pelayanan publik merupakan kegiatan pemenuhan perundang-undangan, barang dan jasa. Perda tersebut merupakan standar pelayanan adalah tolak ukur dan acuan.

" Dalam rangka pelayanan, berkualitas, cepat, terjangkau dan terukur. Maka perlu adanya aturan mengenai pelayanan publik," kata Basri, dalam sidang tersebut, Rabu (22/5).

Ia menjelaskan, azas lahirnya ranperda tersebut berdasarkan kepentingan umum, kebersamaan. Dan pelayanan publik diberlakukan tidak diskriminatif dan memberikan perlakuan khusus bagi kelompok rentan.

Tujuan lahirnya Perda pelayanan publik, agar batas dan hubungan serta hak tanggung jawab, kewajiban semua pihak terhadap penyelenggara pelayanan publik. Sesuai dengan perundang-undangan yang memberikan kepastian hukum.

" Lahirnya ini nanti, diharapkan dapat mengakomodasi budaya lokal dalam hal pelayanan publik. Ini merupakan kekhasan kota Batam mengenai pelayanan publik. Dan, tidak semata-mata mengodopsi aturan yang ada, tapi kekhasan serta meningkatkan peran serta masyarakat," katanya.

Dalam sidang tersebut, juga dilanjutkan laporan hasil reses masing-masing fraksi di DPRD Batam, yang dihadiri 25 anggota dewan dari 45 angggota dewan.

Sementara itu,  pimpinan sidang Surya Sardi mengatakan, sembari melakukan pembahasan, Ranperda tersebut menunggu pendapat dari pemerintah Kota Batam.
" Menunggu pendapat oleh Pemerintah, yang nanti akan dijadwalkan pada sidang Paripurna, Juni mendatang," kata Surya Sardi. (HaluanKepri/mnb)
Share this article :
Comments
0 Comments
 
Support : Batampos | BatamTV | Batamtoday | Haluan Kepri | TribunBatam
Copyright © 2011. Batam Hari Ini, Esok & Nanti - All Rights Reserved
Template Modify by Awaluddin, SE
Proudly powered by Blogger